Manfaatkan Aset Perusahaan, PT. Pos Indonesia Bangun Dua Hotel di Bandung

Bandung-Pembangunan hotel Pos tersebut akan dilakukan di kawasan wisata dan berdekatan langsung dengan Bandara Husein Sastranegara Bandung

PT Pos Indonesia (Persero) akan membangun dua unit hotel bintang di Kota Bandung memanfaatkan aset lahan yang dimiliki oleh perusahaan logistik nasional itu.

“Ya, gambarnya sudah ada, tinggal urus perizinannya. Rencananya hotel itu akan dibangun di jalur Jalan Cihampelas dan Jalan Cicendo Kota Bandung,” kata Direktur Utama Pos Indonesia I Ketut Mardjana di sela-sela touring Ikatan Motor Pos Indonesia (IMPI) hari ini di Tasikmalaya.

Menurut Mardjana, pembangunan hotel Pos tersebut akan dilakukan di kawasan wisata dan berdekatan langsung dengan Bandara Husein Sastranegara Bandung untuk membidik pengunjung dari wisatawan asing maupun lokal.

Lebih lanjut dia mengatakan, hotel yang akan dibangun di Kota Bandung itu akan dilakukan melalui program kerja sama dan mengundang investor.

“Kita bikin pilot project-nya di Bandung, selain lahannya cukup strategis juga sangat memungkinkan untuk fasilitas hotel. Sehingga ke depan akan meningkatkan pendapatan bagi perseroan,” kata Mardjana.

Terkait pembiayaan untuk membangun hotel itu, dirinya optimis pemanfaatan lahan PT Pos yang tersebar di seluruh Indonesia bisa meningkatkan revenue bagi perusahaan.

“Kita akan bicarakan dulu dengan Kementerian BUMN, karena lahan yang akan ditingkatkan fungsinya itu milik perseroan. Yah kita urus secepatnya,” katanya.

Selain itu, ia juga membidik untuk memanfaatkan lahan dan bangunan PT Pos di Jalan Soekarno Hatta Bandung yang menurutnya menjadi salah satu target untuk memberikan pendapatan bagi perusahaan.

“Upaya kita tetap fokus untuk mengendalikan pasar yang terambil ‘orang lain’ di layanan surat dan paket. Surat korporasi menjadi target kami ke depan disamping Pos Ekspres. Pertumbuhannya kami pertahankan di angka 15-20 persen,” kata Mardjana.

Sementara itu kinerja Pos Indonesia pada 2012 mengalami peningkatan dengan meraih laba senilai Rp220 miliar atau di atas target Rp180 miliar.

“Laba kita tahun ini melampaui target, sehingga menambah optimisme pada 2013. Tahun depan kami telah menyiapkan lompatan di tengah persiapan IPO,” pungkasnya.

(Antara/Feriawan Hidayat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s