Tahun Depan Bakrieland Siapkan Rp 100 M Garap City Hotel Budget di Jakarta, Bandung & Balikpapan

Segmen pasar yang dibidik ada dua yakni para wisatawan dan pelaku bisnis.

PT Bakrieland Development Tbk, melalui anak usahanya PT Bakrie Nirwana Semesta berencana menggarap proyek city hotel di tiga kota yaitu Jakarta, Bandung, dan Balikpapan di tahun depan. Adapun dana yang disiapkan perseroan untuk proyek ini mencapai angka Rp 100 miliar.

Direktur Bakrie Nirwana Semesta Henu Kusdaryono mengatakan, pengembangan hotel bertarif ekonomis (bujet) memang sedang marak seiring tingginya angka perjalanan wisata di Indonesia.

“Hotel ini akan mengusung merek Elty dengan total sebanyak 360 kamar,” ungkap Henu seperti dikutip dari Investor Daily, selasa (18/12).

Henu menuturkan, hotel Elty merupakan proyek lama yang sempat tertunda pengembangannya karena menunggu momentum yang tepat.

“Kami berani masuk industri perhotelan pada tahun depan, karena situasinya yang kondusif. Penerbangan murah (low cost carrier) selalu penuh sehingga mendorong permintaan hotel bujet,” ujar Henu.

Di samping itu, tingginya aktivitas meeting, insentive, conference, exhibition (MICE) di sejumlah kota besar seperti Jakarta dan Bandung juga menjadi potensi bagi bisnis hotel murah.

“Pasar yang dibidik ada dua yakni para wisatawan dan pelaku bisnis. Ceruknya besar, namun kompetisinya juga ketat,” kata dia.

Henu menjelaskan, ketiga hotel Elty tersebut masing-masing memiliki 120 kamar dengan investasi sekitar Rp 35 miliar per hotel.

Setiap hotel akan dilengkapi dengan fasilitas sekelas bintang tiga seperti restoran, akses internet gratis, kolam renang, dan ruang rapat.

“Kami menargetkan bisa membangun 3-4 hotel Elty setiap tahunnya. Pengembangan bujet hotel akan berkontribusi pada pendapatan berulang (recurring income) Bakrieland sebesar 20%,” ungkap dia.

Selain mendirikan hotel Elty yang berkategori bujet, orientasi pengembangan bisnis hotels and resorts Bakrieland juga pada pembangunan hotel, vila, dan kondotel yang dioperasikan dengan standar bintang lima.

Saat ini, Bakrieland sudah memiliki Pullman Bali Legian Nirwana Resort yang dikenal sebagai salah satu hotel mewah di Pulau Dewata.

Tak hanya di kawasan Legian, Bakrieland tengah menyiapkan pengembangan eksklusif vila sebanyak 30 unit di wilayah Ubud, Bali.

Perseroan juga mengincar kawasan wisata lainnya seperti Lampung dan Kalimantan untuk pengembangan bisnis hotel dan resor pada tahun depan.

(Investor Daily/Feriawan Hidayat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s