Siapkan 2 Tower Perumnas Tawarkan Rusun Rp120 Juta di Kemayoran Jakarta

Dua tower Rumah Susun Sederhana yang akan dibangun di kawasan Kemayoran ini terdiri dari tipe 21, 30, dan 36.

Perum Perumnas menjalin sinergi dengan PT Hutama Karya Persero (HK) untuk membangun dua “tower” Rumah Susun Sederhana (RSS) yang berlokasi di kawasan Kemayoran, Jakarta.

Direktur Utama Perum Perumnas, Himawan Arief Sugoto, mengungkapkan nilai proyek rusun sederhana tersebut sekitar Rp160 juta. Satu “tower” akan berisikan sekitar 450-500 unit. Artinya, dua “tower” terdiri atas sekitar 1.000 unit.

“‘Tower’ yang kami bangun ini ditawarkan dengan tipe mulai dari 21, 30, dan 36, di mana harga untuk tipe 21 sekitar Rp120 juta dan tipe 36 sebesar Rp216 juta,” kata Himawan, dalam Penandatanganan Kerja Sama (PKS) Perumnas dan Hutama Karya di kantor Kememterian BUMN, Jakarta, Selasa (18/12).

Himawan menjelaskan, pihaknya berharap pemancangan tiang pertama (groundbreaking) pembangunan rusun sederhana dapat dilakukan pada 20 Desember 2012. Saat ini, Perumnas tengah menunggu izin dari KK Kemayoran sebagai pemilik tanah yang akan dibangun rusun sederhana tersebut.

“Namun, kami juga sudah mendapatkan izin dari Pemda DKI Jakarta empat hari lalu dan prosesnya sangat cepat,” imbuh Himawan.

Dikatakan Himawan, pembangunan rusun sederhana diharapkan dapat dituntaskan pada awal 2014 mendatang. Di sela membangun rusun sederhana di Kemayoran, kedua BUMN tersebut turut membangun satu tower rusun sederhana yang berlokasi di Pondok Kopi.

“Sebenarnya yang di Kemayoran dan Pondok Kopi itu satu kesatuan. Artinya, investasi seluruhnya mencapai Rp240 miliar,” tutur Himawan.

Menurut Himawan, jumlah unit dari ketiga tower yang akan dibangun tersebut sekitar 1.500 unit. Nantinya, 450 unit akan disewakan, sedangkan 1.050 unit dijual. “Dana hasil penyewaan itulah yang digunakan untuk perawatan ‘tower’ dan membangun ‘tower’ baru,” tandas dia.

(Antara/ Wisnu Cipto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s