American Institute of Architect Serahkan Penghargaan Medali Emas Bidang Architecture Kepada Thomas Mayne

Thom Mayne, Ia pernah menerima penghargaan setara Nobel untuk bidang arsitektur.

Arsitek dari Los Angeles, Thom Mayne, mendapatkan penghargaan Medali Emas American Institute of Architect (AIA), satu penghargaan tertinggi dalam profesi ini.

Dewan direktur AIA memberikan penghargaan Medali Emas AIA 2013 kepada Thom Mayne dengan menilai bahwa “goresan bentuk sudutnya yang tegas, mengekspos elemen-elemen structural, dan tabir kulit ganda yang memainkan transparansi dinamis yang menjadi motif pencipta tren dalam sejumlah proyek-proyek institusi dan pemerintahan yang berkembang. Lebih lanjut lagi, komitmennya terhadap materi murah yang egaliter dan kinerjanya yang berkelanjutan, menggambarkan komitmennya kepada arsitektur sebagai seni yang progresif secara sosial.”

Penghargaan tahun ini, yang tertinggi diberikan oleh institut, menghargai arsitek atas bentuk-bentuk karyanya yang memiliki “pengaruh yang menetap terhadap teori dan praktif arsitektur”.

Thom Mayne, lulus dari University of South California dan Harvard University Graduate School of Design, mendirikan perusahaannya, Morphosis, di Los Angeles pada 1972.

Proyek-proyek paling terkenalnya di antaranya University of Toronto Graduate House (2000), Caltrans District 7 Headquarters di Los Angeles (2004), Morse Courthouse di Eugene, Oregon (2006), dan Cooper Union di New York (2009.)

Mayne pernah menerima penghargaan internasional Pritzker Architecture (sering dinilai sama seperti Penghargaan Nobel untuk arsitektur) pada 2005.

Mayne adalah peraih Medali Emas AIA ke-69. Para penerima sebelumnya di antaranya Frank Lloyd Wright (1949), Frank Gehry (1999), Michael Graves (2001), dan  Steven Holl (2012).

Penghargaan ini akan diserahkan kepada Mayne dalam sebuah acara khusus di Washington pada Maret 2013 nanti dan di Konvensi Nasional AIA 2013 di Denver.
(Beritasatu/Dewi Ria Utari)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s