Fenomena Kota Anyar Bumi Serpong Damai, Mengembangkan dan Memandirikan Kota Baru

Bumi Serpong Damai (BSD)
Kota Mandiri yang Makin Mandiri
Bumi Serpong Damai atau biasa disebut BSD, adalah salah satu kota Mandiri yang cukup potensial. Tentu saja sebutan Mandiri ini disinyalir karena disekitar lokasi tersebut sudah tersedia semua kebutuhan hidup Masyarakat. Mulai dari mal, rumah sakit, pendidikan, wisata dan tempat bisnis yang cukup menggiurkan.

Pertumbuhan BSD City dan sekitarnya saat ini memang menunjukkan perkembangan yang begitu pesat. Berbagai fasilitas dan akomodasi disediakan guna menunjang kebutuhan penghuni yang tinggal di lingkungan BSD. Tak hanya kompleks perumahan yang di kembangkan, berbagai bisnis terkait seakan terus begerak mengikuti arus perubahan zaman.

Mal-Mal didirikan untuk memfasilitasi warga agar terpenuhi semua kebutuhan tanpa harus keluar dari lingkungan BSD. Salah satu Slogan Life Style and Shopping Center BSD Junctionmengusung konsep mal dengan menonjolkan segi dining and entertainment. Hal ini menunjukkan keseriusan pihak pengelola untuk menajadikan kota ini sebagai kota yang nyaman sebagai tempat tinggal. Dengan tersedianya FestivalPlaza Food Center yang dilengkapi dengan Revolving Stage, sebuah panggung untuk menggelar live music, makin menambah suasan baru di lingkungan BSD.

Cafe-cafe yang ada di BSD juga sengaja di ciptakan agar menyerupai Champ De Elysee di Paris yakni cafe pinggir jalan sehingga pengunjung cafe dan resto dapat menikmati lalu lalang pengunjung di luar cafe. Tentunya suasana ini akan memberi atmosfer yang berbeda-beda. Kita tinggal memilih resto atau kafe mana yang sesuai dengan selera.

Tak hanya Mal, BSD juga menyediakan tempat wisata. Ocean Park, tempat rekreasi Air Terbesar di Asia Tenggara. Ocean Park dibagi dua segmen, yaitu areal untuk anak-anak (Kiddie Pool) 2.400 m2 dan remaja/dewasa (Adventure Pool) 20.000 m2. Selain itu ada gedung utama 2.300 m.

Di Kiddie Pool, ada tiga kolam untuk anak-anak usia 2-3 tahun, 3-7 tahun, dan 7-12 tahun. Sedangkan di AdventurePool, dibangun laguna (525 m2) dengan latar belakang air terjun.

Sementara, yang suka dengan petualangan dengan sensasi ketegangan dapat pula mencoba permainan Tower Slides, tantangan sepanjang 500 meter dengan cylinder dan open slide. Permainan ini terdiri dari dua spiral slides dan empatrace slides. Pendek kata, jika ingin melakukan wisata bersama keluarga, tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi, cukup dengan datang ke Ocean Park kita bisa bersukaria menikmati liburan bersama keluarga.

Bahkan untuk memudahkan menuju ke arena lokasi wisata tersebut, rencananya bus trans-BSD feeder busway akan melintasi pula kawasan rekreasi air ini sehingga pengunjung dari Jabodetabek yang menggunakan jasa busway kelak dapat dengan mudah menjangkau lokasi ini.

Tak hanya di bidang wisata yang di galakkan di kawasan BSD, usaha jasa pendidikan nampaknya menjadi peluang yang cukup bagus di kawasan BSD ini. Bagaimana tidak, anak-anak akan terus tumbuh, dan sudah bisa dipastikan layanan pendidikan menjadi prioritas juga bagi pengelola BSD. Dengan kata lain dengan tersedianya sarana pendidikan yang lengkap tentunya akan menjadi nilai plus bagi kawasan BSD. Karena bagaimapun, pendidikan adalah hal yang utama dalam menghantarkan masa depan anak menghadapi era globalisasi.

Dan sebagai panduan, untuk menuju ke lokasi BSD, ada 3 jalur tol yang bisa kita lalui jika ingin berkujung ke kawasan BSD. 3 jalan tol itu adalah:
– Dari Jakarta Barat melalui Tol Jakarta – Merak
– Dari Jakarta Selatan melalui Tol Jakarta – Serpong
– Dari Jakarta Selatan melalui Tol Pondok Indah – BSD

Sementara untuk jalur biasa, kita bisa melalui jalan Raya Pamulang, Jalan Raya Pondok Cabe, Jalan Raya Ciledug, Jalan Daan Mogot melalui Tangerang dan Kereta api Jakarta – Rangkasbitung.(cbn/ida)