Totopong Jadi Kebanggaan Mahasiswi Belanda, Totopong Syal Batik Penutup Kepala.

Mahasiswi Belanda Bangga Gunakan Totopong

KOTA BOGOR – Wilke, wisawatan asal Belanda bangga terima cinderamata dan gunakan totopong.

Ketua HPI saat menerima kunjungan salah seorang mahasiswa asal Belanda Menurut Ketua HPI, Bagus Karyanegara, pembahasan raperda Pariwisata Kota Bogor telah melibatkan stakeholder pariwisata di Kota Bogor, termasuk HPI.

“Kita telah menyampaikan saran masukan kepada DPRD terkait Raperda dimaksud. Yang jelas, Perda diharapkan akan mengakomodir program – program HPI, “ ungkapnya.

Ketua Dewan Penasehat HPI Syafrudin berharap kepada Pemerintah Kota Bogor untuk lebih memberdayakan lagi anggota HPI yang jumlahnya mencapai 52 orang. “  Anggota HPI siap membantu Pemkot Bogor menjadi guide-guide tamu – tamu mancanegara yang datang ke Pemkot Bogor, “ ujarnya.

Dalam soal kemampuan bahasa, lanjut Syafrudin, anggota HPI sudah tidak diragukan lagi.  Selain sudah terlatih, mereka memiliki kemampuan tiga bahasa yakni bahasa Inggris, Jerman dan Belanda.

Wilke salah satu wisawatan asal Belanda sengaja datang Sekretariat MCB dalam rangka City Tour kebeberapa wilayah Jawa Barat.  Wilke adalah salah satu mahasiswa dari Amterdam Belanda diperkenalkan dengan totopong yang merupakan ciri khas ikat kepala orang sunda.

Dalam kunjungannya ia juga mendapatkan cindera mata berupa PIN  Kompepar (Kelompok Penggerak Pariwisata). (chris)