Membandingkan Harga Pasar Properti Tanah dan Bangunan,

interestrate1. Jenis Dan Sumber Data

Meskipun jenis dan sumber dalam memperoleh data yang diperlukan dalam perbandingan data penjualan tanah mungkin berbeda dengan penilaian property yang telah dikembangkan, jumlah dan kualitas yang harus dikumpulkan adalah sama.

2. Kriteria Data Pembanding

Agar penjualan tanah kosong disebut sebagai data pembanding, mereka harus kompetitif dengan subjek tanah dan dengan masing-masing data penjualan. Mereka sebaiknya terletak dalam lingkungan yang sama dengan subjek property, atau dipengaruhi oleh pengaruhi kondisi sosial dan ekonomi yang sama.

Data pembanding haruslah transaksi pasar terbuka; penjualan tanah dimana pembeli memperoleh keuntungan yang tidak biasa biasanya tidaklah dapat disebut sebagai data pembanding. Contohnya, pembelian tanah kosong dengan system joint untuk tujuan pengembangan selanjutnya dengan janji pembagian keuntungan.Agar lebih berguna, data penjualan haruslah data yang baru. Untuk disebut baru, jika data transaksi terjadi kurang dari dua atau tiga tahun sebelum tanggal penilaian.

3. Data Penjualan Sebelumnya Subjek Properti

Seperti yang disebutkan dalam bab-bab sebelumnya, semua data penjualan subjek property yang diketahui atau sejarah penjualan subjek property yang diketahui sebaiknya dipertimbangkan dan dianalisis oleh penilai.

4. Data-Data Yang Harus Dimasukkan

Data yang dikumpulkan dari data pembanding sebaiknya memuat informasi rinci tentang fisik, aspek hukum, dan faktor-faktor lokasi. Informasi ini membantu dalam hal penentuan keterbandingannya dengan subjek property.

5. Sumber-Sumber Data

Data tentang nilai tanah kosong dapat diperoleh dari catatan publik, seperti kantor notaries, Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan, serta Kantor penilai pajak properti.

Pembeli, penjual, perantara, pengembang, daftar harga jual tanah, perusahaan dan lembaga peminjaman/lembaga pembiayaan adalah sumber-sumber yang dapat diandalkan dalam memperoleh data pasar tentang tanah kosong. Bahkan dari iklan surat kabar mungkin merupakan sumber data yang baik. Organisasi-organisasi professional biasanya juga menyediakan data tentang tanah kosong.

6. Verifikasi Data

Semua informasi yang anda kumpulkan haruslah diperiksa dan diterjemahkan menjadi nilai. Idealnya, total harga dan syarat penjualan data pembanding sebaiknya diverifikasi untuk menentukan apakah data penjualan tersebut adalah transaksi pasar terbuka.

Ketika verifikasi data secara langsung tidak memungkinkan, cari data ke sumber-sumber publik dan privat yang telah disebut sebelumnya.

*Media Penilaian