Pilih Tanah dan Bangunan Bagi Instrumen Investasi Masa Depan Anda

rumah-baru-1.jpgApa itu Investasi Properti? Kita sering mendengar pepatah kuno tapi segar.. “Mending Beli Tanah atau invest dirumah dan tanah, nggak akan ada matinya”., demikian pepatah kuno nan segar sering kita dengar. Mereka yang notabene tidak kolot dan tidak mengerti arti kata ‘invest’ atau mungkin orang tua kita dahulu, investasi untuk masa depan anaknya adalah dengan cara beli tanah dibiarkan hingga belasan tahun, kelak ketika kita sebagai anak memerlukan biaya pendidikan atau akan diberi hibar rumah, segera tanah tersebut dijual dengan harga melambung tinggi. Kemudian konsep kolot tadi berubah seringnya waktu, orang-orang tua kolot tersebut lebih mempercayakan uangnya simpanannya kedunia property bangunan, mereka membeli rumah ke 2, ke 3 dan seterusnya untuk dikontrakan maupun dibangun menjadi kost-kostan.

 

Asumsi klasik orang tua kita dahulu ternyata kemudian menjadi pedoman investasi saat ini. Properti baik berbentuk tanah dan bangunan memiliki nilai relative stabil tanpa terpengaruh fluktuasi ekonomi secara makro secara normative. Tidak seperti produk investasi lainnya seperti komoditi, emas, saham yang cenderang mudah terpengaruh pengaruh normative politik, keamanan dan kondisi perekonomian nasional.

 

Instrumen properti cukup flexible, ketika kita memutuskan untuk menanamkan modal dalam membeli properti tanah dan bangunan, kita bisa memilih anggaran investasi sesuai dengan kemampuan kita. Nilai suatu properti dapat dengan mudah kita sesuaikan dengan anggaran pribadi kita. Misalnya kita hanya memiliki simpanan pasive berupa tabungan senilai Rp 50 juta, maka kita bisa memilih value properti dipasaran dengan anggaran yang anda miliki. Pilihan properti berupa bangunan rumah cukup menarik yang dapat segera anda temukan, seperti tawaran rumah baru dari pengembang maupun rumah second dibawah harga pasar yang ditawarkan iklan koran. Tahap pembayaran juga menarik untuk anda pilih, seperti Pengembang menawarkan pembayaran uang muka bertahap hingga fasilitas KPR dari Bank dengan suku bunga menarik dan competitive.

 

Investasi langsung dengan cara membeli rumah juga memiliki keuntungan sampingan yang tidak kalah menarik ketika anda telah menbelinya. Anda bisa menempati rumah tersebut atau mungkin dapat disewakan langsung yang kelak memberikan kontribusi uang sewa baik bulanan maupun tahunan. Menarik bukan?

Nilai rumah tersebut sekaligus memiliki multi keunggulan, seiring berjalannya waktu, nilai jual properti anda akan terus meningkat. Saat pembelian tahun pertama anda membeli rumah atau apartment senilai Rp. 200 juta dengan DP Rp. 50juta, kemudia sewa yang anda dapatkan perbulan bisa mencapai Rp 2jutaan, keuntungan lain kenaikan harga pasaran rumah maupun apartmentpun meningkat 10-20% pertahun. Mudah dan cukup simple, silahkan anda buat kalkulasi pribadi jika suatu saat anda memutuskan untuk membeli rumah atau tanah sebagai bentuk investasi ataupun memang anda akan jadikan cash flow tambahan menjanjikan ini.(FA)