Pertumbuhan Pasar Kondotel Terus Meningkat, Jadi Pilihan Investor Properti Beberapa Tahun Kedapan

Mengekor tren investasi apartemen, pasar properti jangkung lainnya seperti kondominium hotel (kondotel) dan griya terawang (penthouse) juga masih menjanjikan pada tahun depan. Nilai investasi kondotel terus naik.

Panangian Simanungkalit, pengamat properti dan pemilik Panangian School of Property, memperkirakan, kapitalisasi pasar kondotel pada tahun depan mencapai Rp 210 triliun. Nilai tersebut tumbuh 13% dibandingkan kapitalisasi pasar kondotel di tahun ini yang senilai Rp 195 triliun.

“Prospek kondotel masih cerah,” ungkap Panangian.

Harga unit kondotel juga bervariasi, tergantung lokasi. Di Bali, kondotel seharga Rp 25 juta per meter persegi. Kemudian harga kondotel di Jakarta senilai Rp 22 juta per m2, Surabaya Rp 20 juta per m2, dan Bandung hanya Rp 18 juta m2. Keuntungan dari investasi kondotel cukup menjanjikan.

“Tapi, tergantung cara memasarkannya,” ungkap Panangian.

Ia mengatakan, bila kondotel tersebut disewakan, imbal hasilnya sekitar 8%-10% per tahun. Apabila pemilik kondotel jeli melihat pasar, untung dari penjualan aset (capital gain) bisa mencapai 100%.

Selain Jakarta, beberapa daerah yang berpotensi menjadi pasar kondotel antara lain Bali, Surabaya dan Bandung. Bali sebagai kawasan wisata memperlihatkan prospek paling cerah. Sejumlah pengembang pun mulai melirik Bali.

Prospek penthouse

Bukan hanya kondotel. Prospek investasi pada hunian eksklusif seperti penthouse juga menarik. Pasalnya, pertumbuhan orang kaya baru di Indonesia terus menanjak.

Head of Research Jones Lang LaSalle, Anton Sitorus, memprediksi, permintaan penthouse masih akan bertumbuh antara 15% hingga 20%. Sedangkan imbal hasil dari penyewaan properti mewah ini diperkirakan mencapai 10% per tahun.

“Pertumbuhannya positif, masih sama dengan tahun ini,” ungkap Anton. (Kontan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s