Jakarta Segera Bangun Lahan Parkir Terintegrasi

Selama ini penyelenggaraan perparkiran DKI Jakarta belum mencerminkan kedudukan Jakarta sebagai Ibukota negara.

Pesatnya perkembangan pembangunan kota Jakarta dan pertambahan kendaraan bermotor yang makin meningkat, selain mengakibatkan meningkatnya kebutuhan pelayanan perparkiran, juga berpengaruh terhadap pembinaan pengelolaan perparkiran sebagai bagian dari sistem lalu lintas di Daerah Khusus Ibukota.

Dalam rangka mewujudkan kenyamanan, keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran baik dalam berlalu lintas maupun pengguna jasa parkir, maka parkir harus dikelola secara terpadu dalam satu kesatuan sistem transportasi dan dilaksanakan sesuai kedudukan dan peran Jakarta sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dan dalam rangka pengelolaan perparkiran secara lebih berdaya guna dan berhasil guna, serta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dipandang perlu menetapkan kembali Peraturan Daerah tentang Perparkiran di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, sebagai pengganti Peraturan Daerah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 3 Tahun 1979 tentang Perparkiran Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Peraturan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 7 Tahun 1987.

Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 1999 tentang Perparkiran yang menjadi pedoman dasar pengelolaan perparkiran di Provinsi DKI Jakarta diantaranya mengatur mengenai pengendalian ruang milik jalan sebagai fasilitas parkir, mendorong pelaku usaha untuk menyediakan fasilitas parkir di luar ruang milik jalan baik sebagai usaha khusus maupun penunjang usaha pokok dirasakan kurang optimal, ketersediaan lahan yang terbatas, mengakibatkan belum memadainya ketersediaan fasilitas parkir.

Hal lainnya adalah persoalan jaminan keamanan terhadap kendaraan yang parkir di lokasi parkir dan timbulnya kemacetan lalu lintas akibat penggunaan ruang milik jalan sebagai tempat parkir.

Dalam konteks yuridis Perda Nomor 5 Tahun 1999 harus direvisi karena sudah banyak peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar hukum pembentukannya sudah tidak berlaku lagi karena sudah diganti dengan peraturan yang baru.

Dengan telah diterbitkannya Perda Nomor 5 Tahun 2012 tentang Perparkiran pada tanggal 28 September 2012 diharapkan dapat memberikan dasar kebijakan yang kuat bagi Pemerintah Daerah dalam mengendalikan pemanfaatan dan penggunaan ruang milik jalan sebagai fasilitas parkir serta mendorong pemenuhan ketersediaan fasilitas parkir di luar ruang milik jalan sesuai dengan kebutuhan pengguna fasilitas parkir dan kedudukan kota Jakarta sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia.

Perda Nomor 5 Tahun 2012 tentang Perparkiran ini memberikan perlindungan keamanan bagi kendaraan yang parkir di lokasi parkir berupa kehilangan dan kerusakan serta mewajibkan menyediakan fasilitas parkir khusus berupa fasilitas parkir untuk penyandang disabilitas, ibu hamil, orang tua dan pengguna sepeda.

Dalam upaya peningkatan pengawasan dan penyetoran pajak parkir diwajibkan kepada penyelenggara usaha parkir untuk melaksanakan transaksi secara online sehingga pungutan dan penyetoran pajak parkir menjadi lebih transparan dan accountable.

Pemerintah Daerah akan mengupayakan pembangunan fasilitas parkir yang terintegrasi dengan moda transportasi massal dengan pembangunan park and ride pada terminal-terminal dan dapat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah lainnya serta sektor swasta dalam penyediaan fasilitas parkir.

Selain itu, dalam melaksanakan Perda Nomor 5 Tahun 2012 tentang Perparkiran diperlukan peraturan pelaksana dalam bentuk Peraturan Gubernur.

Peraturan Gubernur tersebut merupakan peraturan pelaksana dari Peraturan Daerah dan/atau dari kuasa peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Kepala Daerah. Dan akan segera diterbitkan beberapa Peraturan Gubernur sebagai pelaksanaan Perda ini. (Sumber:Viva)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s