Sulitnya Memiliki Rumah Bagi Pekerja Lepas dan Kontrak

Pekerja Lepas atau Kontrakan Susah Punya Rumah


Selama ini pekerja lepas atau karyawan kontrakan sangat susah memiliki rumah karena sulit mendapatkan kredit perumahan. Pemerintah diharapkan membantu para pekerja lepas ini agar bisa punya rumah sendiri.

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) sampai meminta pemerintah menerbitkan satu aturan atau keputusan bersama yang mendukung pemberian fasilitas perumahan bagi pekerja lepas.

Ketua Umum Apersi Eddy Ganefo menilai pengembangan perumahan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah membutuhkan dukungan masyarakat.

Dia mengakui selama ini sudah ada fasilitas perumahan bagi pekerja lepas seperti outsourching dengan lokasi di wilayah Jabotabek.

Namun pelaksanaan dari fasilitas tersebut masih tersendat-sendat alias belum berjalan lancar. Akibatnya banyak pekerja lepas yang sulit mengajukan kepemilikan rumah karena terbentur pada uang muka.

Pengusaha berharap ada satu fasilitas pemerintah yang akan lebih memudahkan pekerja lepas dalam memenuhi kebutuhan dana di awal pembelian rumah.

“Kerjasama bisa dilakukan dengan Jamsostek atau instansi pemerintah lainnya untuk mendukung kemudahan bagi pekerja lepas untuk punya rumah,” tandasnya.

Pengusaha jugaberencana melakukan nota kesepahaman dengan PT Jamsostek (Persero) sebagai salah satu instansi yang saat ini memiliki fasilitas pemberian pinjaman uang muka bagi pekerja. (NUR/IGW/Liputan6)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s