PT Waskita Karya Tangani Proyek-Proyek Besar

Perusahaan konstruksi pelat merah, PT Waskita Karya menargetkan pendapatan perusahaan lebih dari Rp11 triliun pada 2013, dengan laba bersih mencapai Rp356 miliar.

Target ini melonjak dari perkiraan pendapatan perseroan tahun ini, yaitu Rp9 triliun dan laba bersih sebesar Rp250 miliar.

Production General Manager and Investor Relations Waskita Karya, Agus Sugiono, mengatakan, pada tahun depan perseroan memperkirakan ada sisa proyek tahun ini sebesar Rp7 triliun.

“Kalau ditotal secara keseluruhan, proyek yang dikerjakan Waskita sekitar Rp18 triliun,” ujarnya di Jakarta, Selasa 4 Desember 2012.

Agus merinci beberapa proyek besar yang bakal dikerjakan BUMN yang akan melakukan proses penawaran perdana saham (initial public offering/IPO) sebelum akhir tahun ini.

Proyek tersebut adalah pembangunan Juanda Airport International senilai Rp400 miliar. Proyek ini diperkirakan selesai pada 2013. Selain itu, pengerjaan Gelanggang Olahraga Balikpapan yang juga memakan dana sekitar Rp400 miliar. 

Proyek lain yang juga akan dikerjakan adalah pembangunan jalan tol ruas Bawean-Solo senilai Rp500 miliar. Pembangunan jalan tol ini diperkirakan selesai pada 2013, karena masalah yang paling krusial dalam pembangunan jalan, yaitu pembebasan lahan.

“Pembebasan lahannya sendiri hingga saat ini sudah diselesaikan 100 persen,” jelasnya. 

Selanjutnya, proyek yang akan terealisasi pada 2013 adalah pembangunan jalan tol Ngurah Rai-Benoa di Bali. Tol ini dikerjakan PT Jasa Marga Tbk, namun untuk pembangunan seksi dua dan empat diserahkan kepada Waskita Karya.

Untuk tol yang akan digunakan untuk memperlancar pertemuan APEC pada pertengahan tahun mendatang ini, pihak Waskita menargetkan penyelesaian konstruksinya pada Maret 2013. 

Sementara itu, proyek pembangunan terakhir yang sudah pasti didapatkan oleh perseroan adalah pembangunan jalan tol ruas Gempol-Surabaya dan Gempol-Pasuruan. “Untuk tol ini baru akan dibangun pada pada tahun depan dengan nilai pembangunan sekitar Rp700 miliar,” jelasnya.(VIVANews)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s