Permintaan Properti di Riau Mengalami Peningkatan

Pakanbaru-Prospek pembangunan perumahan di Provinsi Riau cerah, antara lain akibat tingginya animo masyarakat untuk  memiliki perumahan yang layak huni.

“Perumahan yang layak huni dibangun ratusan pengembang di provinsi ini berupa berbagai tipe, dengan harga dibawah Rp250 juta,” kata Awadi Direktur PT Pembangunan Sukses Bersama dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Ia menyebutkan, peminat pembelian rumah layak huni itu berasal dari kalangan masyarakat Riau yang heterogen baik warga asli Riau maupun pendatang.

Para pendatang, katanya, banyak berasal dari provinsi tetangga antara lain merupakan pelarian akibat daerah mereka diguncang gempa bumi misalnya dari Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

“Sedangkan sebagian besar profesi para konsumen tersebut adalah dagang, wiraswasta, dan kalangan pegawai pemerintah,” katanya pihaknya terhitung sejak beberapa tahun terakhir telah membangun ratusan unit rumah mulai tipe 48, 70, dan 90.

Kini katanya, terdapat hanya 12 unit rumah lagi yang belum terjual dengan tipe 48/125.
Permintaan masyarakat terhadap perumahan layak huni cukup tinggi apalagi  program pembangunan rumah-rumah baru di dukung oleh pemerintah dan rakyatnya.

Komisaris PT Pembangunan Sukses Bersama, Herwanto perumahan tersebut dibangun oleh 140-an pengembang yang masih aktif dan bernaung dalam Asosiasi Perumahan Permukiman Seluruh Indonesia, Riau.

Akan tetapi dari dua asosiasi Bandung dan Riau, tercatat pembangunan perumahan sedang ‘booming’ di Provinsi Riau.

Sedangkan bank-bank konvensional yang ditunjuk bekerjasama sebagai lembaga keuangan pendukung adalah Panin, bank, BTN, Bukopin, BNI Syariah, dan Bank Riau.(RR)