Jawabarat Siaga Bencana, 7 Kab/Kota Bersiap Hadapi Bencana

CIANJUR.- Sebanyak tujuh wilayah di Jawa Barat (Jabar) dinyatakan status siaga bencana longsor dan banjir musim hujan tahun ini oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar. Tujuh wilayah tersebut adalah Kab/Kota Bogor, Kab/Kota Sukabumi, Kab.Cianjur, Kab. Bandung Barat, dan Kab. Garut.

Demikian diungkapkan Kepala BPBD Jabar, Sigit Ujuwalaprana saat ditemui di sela-sela acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Puncak Resort, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Kamis (22/11/12). “Bahkan satu kabupaten, yakni Kabupaten Bandung sudah kami tetapkan statusnya menjadi darurat bencana,” ucapnya.

Sigit menuturkan beberapa wilayah yang ditetapkan siaga merupakan wilayah yang sebelumnya dipetakan sering terjadi bencana longsor dan banjir saat musim hujan tiba. “Mereka wilayah dnegan topografi dan kondisi tanah di beberapa titik yang labil sehingga bencana longsor sering terjadi. Sejak tujuh bulan lalu pun kami sudah melakukan persiapan untuk bencana saat musim hujan tahun ini.” ujarnya.

Persiapan yang dilakukan BPBD Jabar, kata Sigit, selain menyiagakan personil di beberapa titik rawan bencana, persediakan logistik dan peralatan pun sudah siap. “Anggaran Pemprov Jabar sebesar Rp 100 miliar juga sudah disiapkan. Tidak boleh tidak ada dana untuk bencana,” ujarnya. (PR)