5000 Unit Rumah Segera Dibangun oleh Pemprov Sulawesi Selatan dan REI

MAKASSAR– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama Real Estate Indonesia akan  membangun 5.000 unit rumah bersubsidi di kawasan Mamminasata yang meliputi Maros, Takalar, Gowa, dan Makassar pada 2013 mendatang.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan pembangunan rumah rumah di wilayah Maminasata oleh REI tersebut merupakan prioritas Pemprov Sulsel untuk mendukung pembangunan penyediaan rumah bersubsidi pada kawasan tersebut.

“Pemprov tentunya akan memberikan kemudahan izin, tata wilayah yang ideal, dan memperhatikan aset infestasi publik yang akan dipertaruhkan seperti pembebasan lahan,” ujarnya usai penantanganan  prasasti perancangan 5000 unit Rumah Murah Bersubsidi di Hotel Clarion Makassar, Kamis (22/11).

Ketua DPD REI Sulsel Raymond Arfandi mengemukakan pembangunan 5000 unit rumah ini ditargetkan dapat bisa rampung secara keseluruhan 2013 mendatang, dimana difokuskan bagi MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) dengan pendapatan Rp1,5 juta per bulan.

“Awalnya kami menargetkan bisa membangun 15.000 unit, namun untuk tahap awal diusahakan bisa menuntaskan 5000 rumah dulu dikawasan Mamminasata,” paparnya.

Menurutnya, pembangunan perumahan ini sejalan dengan visi dan misi REI saat ini untuk membangun properti di Indonesia berbasis kawasan.

Selain itu, lanjut Raymond, REI juga telah meluncurkan Pusat Informasi properti dan tempat pelatihan di kantor DPD Rei Sulsel Jl. Nikel akan diproyeksikan menjadi media untuk masyarakat mengakses kebutuhan perumahan dari seluruh pengembang anggota REI.

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) REI Ir Setyo Maharso yang hadir pada acara tersebut mengatakan pembangunan perumahan berbasis kawasan dirasakan sangat penting untuk pemerataan dan pemberdayaan daerah sesuai potensi.

“Tapi untuk merealisasikan konsep ini masih perlu identifikasi kawasan, menyusun berbagai ide, memilih gagasan yang tepat sesuai daerah tersebut.,” ujarnya.

Adapun salah satu bentuk kongkrit merealisasikan pembangunan berbasis kawasan REI dan Kemenpera telah menjalin kerja sama menggagas 10 kota baru mandiri di Indonesia dengan lahan seluas 5000-1000 hektare. Upaya ini sebagai komitmen untuk membangun koridor percepatan ekonomi MP3EI termasuk di Kawasan Maminasata di Sulawesi Selatan. (k56-bisniskti)