Kenaikan Upah Minimum Pekerja Genjot Pembelian Rumah RSH

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) menilai, keputusan Pemerintah Daerah DKI Jakarta yang menaikkan upah minimum 2013 dari Rp1,5 juta menjadi Rp2,2 juta dapat merangsang masyarakat untuk membeli rumah.

“Tentunya, kenaikan UMP ini akan memengaruhi daya beli masyarakat terhadap rumah dan hunian,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Apersi, Eddy Ganefo, dalam diskusi dengan Forum Wartawan Perumahan Rakyat di Jakarta,  Selasa 27 November 2012.

Menurutnya, dengan kenaikan upah minimum ini akan memberikan jaminan bagi perbankan untuk menyalurkan kredit rumah kepada masyarakat. Namun, kekhawatiran banyaknya badan usaha yang keberatan kenaikan upah minimum ini harus diwaspadai dengan tidak menutup kemungkinan adanya pemutusan hubungan kerja (PHK).

Eddy menjelaskan, masyarakat saat ini masih kesulitan untuk membeli rumah mengingat tingginya uang muka yang harus dibayar yaitu 30 persen dari harga jual sesuai aturan.

Dengan adanya perbaikan penghasilan masyarakat berpenghasilan rendah ini, Eddy berharap agar masyarakat semakin mampu untuk membayar uang muka kredit rumah.

Selain itu, dia mengusulkan pemerintah untuk membuat program subsidi pembayaran uang muka rumah seperti yang dulu pernah dilakukan. Adanya aturan baru yang mengatur aturan uang muka kredit rumah sebesar 30 persen memberatkan masyarakat.

“Saat ini, malah yang di subsidi adalah cicilannya. Padahal, cicilan adalah permasalahan yang kedua,” katanya.

Sebaiknya, Eddy melanjutkan, pemerintah memberikan pilihan kepada masyarakat apa yang mau disubsidi, yaitu subsidi uang muka kredit rumah atau subsidi cicilan rumah. Cara ini lebih efektif untuk merangsang masyarakat berpenghasilan rendah untuk membeli rumah. (Viva-asp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s