Penjualan Rumah Akhir Tahun 2012 Meningkat

Kebanyakan konsumen memperkirakan, begitu pergantian tahun, harga rumah akan naik dan modelnya juga berganti.

Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah optimistis penjualan rumah pada akhir tahun akan meningkat. Menurut REI, biasanya konsumen akan berusaha menghindari kenaikan harga rumah yang terjadi di awal tahun.

Menurut Wakil Ketua DPD REI Jateng Bidang Promosi, Humas, dan Publikasi Dibya K Hidayat di Semarang, Senin (26/11), umumnya di akhir tahun, banyak konsumen yang berburu rumah. Kebanyakan konsumen memperkirakan, begitu pergantian tahun, harga rumah akan naik dan modelnya juga berganti.

Selain harga rumah naik dan ganti model, seiring perkembangan waktu maka lokasi perumahan akan semakin ke daerah pinggiran kota.

Rata-rata penjualan rumah tersebut untuk tempat tinggal dan hanya sebagian kecil untuk investasi. Hal tersebut seiring dengan pertumbuhan penduduk dan tingginya kebutuhan rumah.

Perkiraan tingginya kebutuhan rumah tersebut, REI Jateng mengambil kesempatan tersebut untuk menjemput bola para konsumen dengan pameran perumahan di Mal Ciputra Semarang sejak 22 November hingga 4 Desember 2012.

Dalam pameran perumahan kali ini ada 19 pengembang dan tidak ada dari perbankan yang ikut. Dari 19 pengembang tersebut sebanyak 17 pengembang untuk pembangunan tipe rumah menengah ke atas dengan harga Rp150 juta hingga Rp500 juta dan sisanya pengembang untuk tipe menengah ke bawah.

“Pada pameran perumahan kali ini, kami menargetkan bisa meraup Rp60 miliar. Target tersebut sama target REI Expo Nasional di Java Mall Semarang, pada 18–30 Oktober 2012 yang terealisasi Rp62 miliar,” katanya.

Untuk dapat meraih target penjualan, sejumlah pengembang juga memberikan sejumlah daya tarik untuk konsumen di antaranya suku bunga fix selama dua tahun hingga tiga tahun, sehingga dapat memberi rasa nyaman kepada konsumen.

“Pameran rumah sebenarnya merupakan kesempatan emas bagi konsumen, karena dengan datang di tempat pameran mereka bisa memperoleh banyak informasi dan banyak pilihan,” katanya.

Apalagi pada saat pameran, banyak keuntungan yang dapat diperoleh konsumen dan tidak dapat di luar pameran.(Antara/ Nadia Felicia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s