Jokowi Gelongtorkan Rp 1,05 triliun Untuk Stadion Jakmania

JAKARTA. Untuk merealisasikan janjinya, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) sudah merencanakan pembangunan stadion sepakbola yang akan menjadi markas tim Persija di Taman BMW, Jakarta Utara.

“Anggarannya Rp 1,05 triliun, mulai persiapan dan dibangun tahun depan, targetnya 2 tahun rampung,” kata Jokowi, Senin (26/11). Jokowi bilang anggaran Rp 1,05 triliun itu sudah termasuk stadion, dan landscape.

Ia menyebutkan, ada kemungkinan anggaran proyek dicantumkan dalam format akan multi tahun. “Kami lihat nanti posisinya, karena sekali lagi soal budgetingada di dewan (DPRD) dan ini sudah dalam proses pengajuan,” katanya.

Lebih jauh, Jokowi bilang, Taman BMW memiliki luas 66,6 hektare (ha). Dalam proyek tersebut, Jokowi meyakinkan, tidak akan ada penggusuran lahan yang selama ini dijadikan ruang terbuka hijau.

Ia bilang, selain difungsikan untuk stadion, Taman BMW yang terletak di Jalan RE Martadinata itu akan jadi ruang terbuka hijau.

Di situ, kata Jokowi bakal ada botani garden, dan juga ada danau untuk ruang publik. Rencananya stadion di Taman BMW akan menggantikan fungsi Stadion Lebak Bulus yang lahannya akan beralih fungsi untuk kebutuhan Mass Rapid Transit (Kontan-MRT).