Bangun 18 Office Park, Kalma Propertindo Investasi Rp 675 Miliar 

Kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan kian dilirik investor untuk membangun proyek perkantoran, paling tidak hingga 2015 nanti akan dibangun sekitar 15 gedung perkantoran baru. Salah satunya PT Kalma Propertindo Jaya (KPJ) yang baru menggelar seremoni ground breaking 18 Office Park (5/11) sebagai awal dimulainya pembangunan proyek perkantoran yang menempati lahan seluas 1,23 hektar. Menurut Zahir Ali, Direktur KPJ, nantinya perkantoran ini akan memiliki 2 tower yang mana masing-masing tower akan memiliki total area seluas 40.500 meter persegi dengan total ruang kantor 35.500 meter persegi.

Rencananya, proyek yang diperkirakan membutuhkan investasi sekitar Rp 675 miliar ini, untuk tower A akan dipasarkan secara strata title, dan diperkirakan untuk tower A akan selesai dalam waktu 24 bulan. Sementara itu, tower B yang akan dibangun setelah tower A, nantinya akan disewakan. Menurut Zahir, saat ini sudah 30% pembeli pre commitment untuk tower A yang dijual dengan harga Rp 18,5 juta/meter persegi sebelum ground breaking, sedangkan saat ini pengembang mematok harga Rp 20 juta/meter persegi.

Zahir menambahkan, harga jual ini masih separuh dari harga jual rata-rata perkantoran strata title di CBD. Apalagi bila disewakan kembali, yield yang akan diperoleh bisa di atas 10%/tahun. Bahkan, ia berani memproyeksi untuk harga jual akan terus meningkat, sehingga dalam waktu 1,5 tahun sampai pembangunan selesai capital gain yang dicapai akan lebih dari 25%, sehingga menjadi investasi yang menarik.

Alasan membangun 18 Office Park, karena pertumbuhan pasar perkantoran di kawasan ini kian meningkat, dan diperkirakan akan terus berlangsung 2-3 tahun mendatang. Berdasaran riset Colliers Internasional, tingginya ruang perkantoran di koridor TB Simatupang telah mendorong pengembang untuk membangun perkantoran di Selatan Jakarta. Hal ini dipicu dengan semakin membaiknya kondisi industri perbankan, asuransi, pertambangan, minyak dan gas bumi di Indonesia, tercermin dari tingkat okupansi perkantoran di Jakarta mencapain 97% pada kwartal III-2012.

Nantinya setiap tower 18 office park akan memiliki 19 lantai ruang kantor dan satu lantai kantor penthouse, serta dan tiga lantai area ritel dan fasilitas yang akan dimanfaatkan untuk retail area yang akan dilengkapi dengan banking hall, coffe shop, food court, gym, swimming pool dan fine dinning restaurant. Selain itu, dengan menggandeng PT Urbane Indonesia (arsitek), PT Design Phase Indonesia (desain interior) dan PT Lawang Ijo Landscape (desain lanskap) nantinya gedung ini akan memiliki empat lantai basement untuk parkir yang bisa menampung 514 mobil.(SWA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s