Memilih Material Atap yang Tepat Sebelum Bangun Rumah

Bagian atap sebuah bangunan menentukan ekspresi depan dari sebuah bangunan baik rumah, kantor maupun bangunan fasilitas umum lainnya.

Guna meminimalisasi bahaya bencana alam seperti gempa bumi, angin puting beliung dan bencana lainnya, pemilihan material penutup atap yang tepat merupakan elemen penting yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik bangunan.

“Pemilihan material penutup atap penting, solusi yang tepat adalah memakai material atap yang kuat menahan angin, ringan dan tidak tajam sehingga tidak membahayakan penghuninya bila atap terangkat atau ambruk,” kata Roby Dwikojuliardi, Ketua IAI Jawa Barat, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Robby, pemilihan material untuk bangunan rumah penting dan harus menjadi kriteria wajib dalam merencanakan bangunan yang aman.

Dia menyebutkan, bagian atap sebuah bangunan menentukan ekspresi depan dari sebuah bangunan baik rumah, kantor maupun bangunan fasilitas umum.

Atap rumah juga selain memiliki desain yang mendukung untuk estetika bangunan, juga harus aman dan tidak membuat rangka menahan beban yang signifikan.

“Bila perlu SNI bagi material penutup atap itu perlu dilaksanakan, sehingga produk-produk yang masuk kebutuhan material bangunan itu memenuhi standar yang baku. Sejauh ini SNI untuk atap bangunan belum sepenuhnya diberlakukan,” kata Robby.

Selain itu, produk baru juga perlu menekankan inovasi yang memungkinkan dipergunakan untuk bangunan dalam berbagai kondisi tanpa mengurangi standar kelaikan.

“Pengetahuan masyarakat terkait pemilihan dan penggunaan atap yang aman perlu ditingkatkan, sehingga pada saat bencana terjadi material rumah mereka tidak menjadi penyebab petaka,” katanya.

Sementara itu, Doddy Indra Prasetya, Direktur Komersial Gutta Indonesia menyatakan, pihaknya selain memasarkan produk juga mengedukasi masyarakat untuk memberikan pilihan alternatif penggunaan material bangunan khususnya atap yang aman dan efesien.

“Saat ini bukan lagi masalah fungsinya, namun juga perlu diperhitungkan ketahanan dan keamanan dari material itu. Produksi Gutta contohnya didesain untuk bangunan rumah dengan atap rumah yang ringan dan tahan terhadap angin puting beliung,” katanya.

Menurut Doddy, pemilihan material atap rumah yang ringan dan tidak tajam angat penting untuk meminimaliasi risiko. Di sisi lain bahannya dari bitumen cukup aman dan tidak menimbulkan resiko bagi kesehatan penghuni rumah.(Antara)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s