Konsep Kota Hijau Baru di Tengah Ibukota Atasi Solusi

Kota mandiri mini ini meliputi apartemen, hotel mewah, kantor, toko, bioskop, masjid, amphitheaters, dan ruang hijau subur di semua ketinggian

Sudio arsitektur asal Belanda, MVRDV bekerja sama dengan Jerde dan Arup, telah mengombinasikan kekuatan untuk mendesain Peruri 88, sebuah kota menjulang di langit Jakarta, Indonesia.

Kota vertikal terintegrasi ini adalah konglomerasi beberapa bangunan berbeda yang menyeimbangkan kenyamanan rumah dengan kerimbunan taman di langit.

Dalam proposalnya, pencakar langit untuk Jakarta ini terlihat seperti sebuah tiang dengan sedikitnya 10 tumpukan bangunan terpisah.

Pada kesan pertama, Peruri 88 tampaknya menjadi sebuah arsitektur pertanian dari bangunan yang berbeda dilekatkan satu sama lain.

Kota mandiri mini ini meliputi apartemen, hotel mewah, kantor, toko, bioskop, masjid, amphitheaters, dan ruang hijau subur di semua ketinggian.

“Peruri 88 adalah Jakarta vertikal. Ini mempresentasikan kepadatan baru, sosial, hijaunya mini kota, sebuah monumen pengembangan Jakarta sebagai sebuah ikon modern yang dibangkitkan dari dirinya sendiri,” kata Pendiri MVRDV Winy Maas, seperti dilansir Inhabitat, belum lama ini.

Menara ini adalah proyek terpadu setinggi 400 meter yang dimiliki oleh PT Peruri. Lokasinya berada di Jalan Palatehan No 4, Jakarta, sebuah blok yang sebelumnya digunakan sebagai kantor percetakan yang berada tepat di sebelah stasiun metro masa depan.

“Tim kami mempresentasikan sebuah rencana untuk kota, sedangkan Peruri berperan sebagai pemilik lokasi. Semuanya menjadi bagian dari kompetisi yang ditawarkan pengembang untuk membangun bangunan terkemuka,” ungkap Winy.

Peruri 88 mengombinasikan kebutuhan Jakarta akan ruang terbuka hijau dengan tingginya kepadatan penduduk, sekaligus menghormati tata ruang perkotaan.

Kota vertikal ini berdasarkan pada platform komersial yang dirancang oleh Jerde. Bermula dari pengembangan empat menara komersial, yang menopang residensial Peruri 88, dan ruang perkantoran.

Jakarta adalah kota populasi padat di tengah kebutuhan ruang terbuka hijau. Dengan landasan itu, para arsitek menggabungkan kebun, kolam renang, dan teras hijau sepanjang seluruh struktur.

Pohon-pohon lokal dan tanaman akan mengisi setiap lantai menciptakan sebuah hita di langit yang berfungsi sebagai filter udara alami untuk kota.

Peruri 88 akan menawarkan unit-unit yang cocok untuk setiap gaya hidup, termasuk satu kamar tidur yang lebih kecil, serambi tinggi dan rumah bandar.

Setiap sektor residensial akan memiliki atap parkir bersama yang akan mengombinasikan taman-taman dengan area rekreasi dan olahraga.

“Level paling bawah terdiri atas perkantoran, hotel, dan pusat ritel. Kota mandiri ini juga dilengkapi restoran di atap, sehingga membuat penghuni dan pengunjung menemukan titik baru untuk melihat lingkungan baru di Jakarta,” pungkas Winy.(Investor Daily/Feriawan Hidayat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s