Dalam 90 Hari China akan Bangun Menara Tertinggi di Dunia

Menara tersebut bakal berdiri di kawasan Chansha, wilayah Provinsi Hunan, China.

Sebuah perusahaan konstruksi asal negeri China, telah merilis rencananya untuk membangun sebuah menara atau bangunan tertinggi di dunia hanya dalam kurun waktu 90 hari.

Pihak Broad Construction menyatakan, bangunan tertinggi itu rencananya bakal mempunyai 220 lantai, yang nantinya akan mencakup sebuah sekolah, rumah sakit, 17 helipad dan apartemen yang dapat menampung sekitar 30.000 orang.

Bangunan menara yang dijuluki Sky City ini, akan dikembangkan di kawasan Chansha, wilayah Provinsi Hunan, China.

Pihak pengembang menara ini rencananya akan membangun lima lantai dalam satu hari, dengan menggunakan komponen bangunan yang dirakit bersamaan (prepabrikasi) seperti potongan-potongan Lego.

Sampai saat ini, pihak Broad Construction sendiri mengklaim bahwa mereka telah sukses dalam membangun sekitar 17 gedung bertingkat di sejumlah wilayah daratan China.

Hebatnya, untuk membangun sebuah hotel dengan ketinggian 15 lantai, mereka hanya memerlukan waktu dua hari saja.

Pihak perusahaan sendiri menyatakan, konsep bangunan mereka miliki cukup aman dan berbeda dari yang diperkirakan oleh banyak kalangan.

Pendiri dan chairman Broad Construction, Zhang Yue, merupakan tokoh kunci dalam merancang proses pengerjaan bangunan yang dikatakan tahan terhadap gempa.

Dalam pengerjaan konstruksi bangunan, mereka menggunakan adukan semen yang lebih ringan untuk pengerjaan lantai dan penggunaan bahan baja ringan yang berbeda dari bangunan biasa.

Zhang menyatakan, dengan mengurangi berat bahan bangunan, maka semua konstruksi bangunan yang dikembangkannya bisa menahan gempa berkekuatan 9,0 skala richter.(News-FH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s