Agung Podomoro Bangun Sejumlah Hotel Baru di Indonesia

Keempat hotel bintang lima yang sedang dibangun oleh Agung Podomoro bakal beroperasi pada tahun 2013 dan 2014

PT Agung Podomoro Land Tbk (Agung Podomoro) dan Group Accor menandatangani kerja sama untuk pengelolaan empat hotel. Nilai investasi keempat hotel yang bakal beroperasi pada 2014 itu, mencapai sekitar Rp 2,1 triliun.

Keempat hotel yang akan dikelola oleh Group Accor tersebut adalah Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resor t provinsi Bali dan Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention. Selain itu, Pullman Bandung City Center di Jawa Barat, dan Mercure Jakarta Kelapa Gading.

Direktur Utama dan Chief Executive Officer (CEO) PT Agung Podomoro Land Tbk Trihatma Kusuma Haliman mengatakan, pihaknya berkosentrasi membangun sejumlah hotel dalam beberapa tahun ke depan. Pasalnya, tambah dia, hotel mempunyai peran cukup besar terhadap pendapatan Agung Podomoro.

“Accor telah lama menjadi mitra kami dan memberikan hasil yang mengesankan. Dengan bertambahnya jumlah hotel yang kami miliki, kami sangat senang dapat memperluas hubungan kerja sama dengan Accor. Kami percaya bahwa Accor dapat terus memberikan hasil yang luar biasa untuk hotel kami,” kata Trihatma, dalam jumpa pers, usai penandatanganan kerja sama, di Central Park, Jakarta, Kamis (22/11).

Ke depan, kata Trihatma, pihaknya sedang merencanakan pembangunan hotel di beberapa kota, salah satunya di Makassar, Sulawesi Selatan. Kota itu dipilih karena pertumbuhan ekonominya cukup pesat.

Wakil Presiden Direktur Agung Podomoro Indra Wijaya menambahkan, pihaknya memilih kerja sama dengan Accor karena perusahaan tersebut sudah terkenal dalam hal mengelola hotel. Tidak semata di Indonesia, Accor juga dikenal di beberapa negara.

“Kinerja Accor cukup bagus, servis sangat bagus dan kami puas, sehingga ke depan masih menggunakan Accor,” kata Indra.

Dia menuturkan, keempat hotel bintang lima yang sedang dibangun bakal beroperasi pada 2013 dan 2014. Hotel Pullman Ciawi merupakan hotel yang ditargetkan beroperasi pada 2014.

Sedangkan Sofitel Bali Nusa Dua Bali, nantinya terdiri atas 420 kamar, termasuk vila yang dibangun di atas lahan seluas 7,8 hektare.

“Sofitel Bali nantinya akan menyediakan ballroom pertama kali di pinggir pantai, termasuk dipakai untuk pertemuan APEC tahun depan,” ujar Indra.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama Accor Malaysia-Indonesia- Singapore Gerard Guillouet mengatakan, kerja sama kali ini memperkokoh kerja sama yang ada selama ini.

Sebelumnya, Accor bersinergi dengan Agung Podomoro di Novotel Jakarta Mangga Dua Square dan Pullman Jakarta Central Park.

Menurut Gerard, pihaknya optimistis, okupansi hotel cukup baik. Selama ini, kata dia, okupansi hotel yang dikelola Accor di Indonesia lebih dari 80%.

Dia menargetkan, hotel Sofitel Nusa Dua Bali dan Pullman Bandung okupansi rata-rata di atas 85%. Lalu, Mercure Hotel Kelapa Gading diatas 80% dan Pullman Ciawi okupansi di atas 75%.

“Saya masih optimistis, ke depan akan bertambah lebih baik karena pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat menjanjikan,” kata dia.(Investor Daily/FH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s