Meningkatnya Pembelian Rumah Secara Tunai

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat selama triwulan III-2012 terjadi perubahan pola pembayaran dalam membeli rumah. Pada tiga bulan terakhir, konsumen yang membeli rumah secara tunai (cash) meningkat menjadi 8,47% dari 6% pada triwulan sebelumnya.

“Hasil survei menunjukan bahwa sebanyak 11,48% konsumen mimilih menggunakan fasilitas pembayaran secara tunai bertahap, dan sebagian kecil 8,47% dilakukan dalam bentuk tunai (cash keras),” jelas survei properti residensial dikutip, Minggu (18/11/2012)

Survei itu juga menunjukan para konsumen yang membeli rumah lebih banyak memilih melalui fasilitas KPR yaitu sebanyak 80,05%.

“Kemudahan mengakses KPR dan tingkat suku bunga KPR yang mulai menurun semakin dimanfaatkan oleh konsumen dalam melakukan transaksi pembelian rumah terutama pada rumah tipe kecil 86,42%,” jelas survei BI.

Seperti diketahui Pada triwulan II-2012 konsumen yang membeli rumah secara tunai hanya sebesar 6%, sisanya lebih banyak kredit kepemilikan rumah (KPR) sebesar 82,09% dan tunai bertahap 11,91%. Padahal transaksi pembelian rumah dengan cara tunai oleh konsumen pada periode yang sama di 2011 lalu sempat mencapai 8,57%.(Suhendra – detikFinance)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s