KPR CIMB Niaga Turun 15 Persen

JAKARTA  – PT Bank CIMB Niaga, Tbk mengaku mengalami penurunan pembiayaan Kredit Pemilikan Rakyat (KPR) dari dampak kebijakan penentuan uang muka (DP) sebanyak 10 persen hingga 15 persen.

Tony Tardjo, Head of Consumer Lending CIMB Niaga, mengatakan bahwa akan melakukan revisi untuk target KPR menjadi Rp 21 triliun hingga akhir tahun 2012.

“Dampak DP itu menurunkan hingga 10-15 persen (bisnis KPR). Kita revisi menjadi Rp 21 triliun. Tapi, kita mematuhi aturan Bank Indonesia (BI) itu”, ungkapnya kepada wartawan, di Jakarta, (17/10/ 2012).

Tony juga enggan memberitahukan detail  angka pasti target KPR tersebut sebelum direvisi. Dirinya hanya menekankan bahwa terjadi penurunan dari kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. “Sebelumnya itu targetnya diatas Rp21 triliun. Ya kurang lebih di atas itu,” katanya.

Tony juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak berpikir negatif terkait kebijakan DP oleh pemerintah. Ia melihat kebijakan tersebut merupakan hal baik untuk meningkatkan kualitas kredit perbankan dimasa-masa mendatang.

“Kita selalu mematuhi aturan Bank Indonesia (BI). Kan aturan itu baik untuk menjaga kredit yang berkualitas. KPR yang berkualitas di Indonesia,” ujarnya.

Tony menambahkan bahwa porsi KPR CIMB Niaga sendiri lebih didominasi perumahan di segmen menengah, yakni sebanyak 60 persen, dan perumahan segmen kebawah sebanyak 30 persen, serta sisanya berada di perumahan segmen atas sebanyak 10 persen.

Sebagai informasi pembiayaan KPR termasuk Kredit Pemilikan Apertemen (KPA) hingga Juni kira-kira sudah Rp19,3 triliun. Angka tersebut memberikan kontribusi sebesar 48 persen terhadap total kredit konsumer CIMB Niaga sebesar Rp 39,50 triliun.(Tribun Jakarta, Arif Wicaksono)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s