Siasati Hunian Mahal, Ruangan Apartemen Disulap jadi 4in1

Harga properti yang sangat mahal mendesak warga Kota Wuhan di China tinggal di hunian tidak layak. Hal ini terlihat di sebuah apartemen enam lantai di kota tersebut yang dijuluki apartemen “kapsul”.

Disebut tidak layak karena satu ruangan menjadi pusat dari seluruh kegiatan. Di ruangan seluas 4,5 meter persegi atau 50 kaki persegi, satu ruangan memiliki banyak fungsi. Ruang kecil tersebut menjadi kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan dapur. Ini berarti, posisi toilet dan ruang makan berdempetan.

Seperti dilansir NY Daily News, Jumat (16/11/2012) hal ini dikarenakan harga sewa apartemen yang mahal dan upah yang rendah di Wuhan, Provinsi Hubei. Saking mahalnya, satu kamar sempit disewakan oleh dua orang. Hal ini dialami Wu Chao dan Yan Changlai yang menyewa kamar 405, berduaan. Selain itu, ada juga Zhang Xuan dan Wu Meihua yang berbagi di kamar 508.

Bahkan warga New York yang berkunjung ke Wuhan menilai harga sewa di kota tersebut sangat mahal. Namun sayangnya tidak disebutkan besaran harga sewa tersebut.

New York adalah salah satu kota di Amerika Serikat yang biaya sewa apartemennya termasuk mahal. Untuk menyiasatinya, banyak warga yang berbagi kamar. Namun luas setiap kamar apartemen di New York lebih luas ketimbang yang ada di Wuhan.

Apartemen ini memiliki 55 kamar. Kisah apartemen kapsul telah menyebar luas ke luar China karena foto yang dipublikasikan oleh media HAP/Quirky China/Rex Feat.

Dalam satu gambar terlihat salah satu penghuni, Zhan, yang bekerja sebagai kurir, tengah mencuci rambutnya sementara Meihua tengah memeriksa telepon. Gambar lainnya menunjukkan Zhang Xin tengah mandi. Di kamar 103 milik sang salesman terlihat laptop yang ditaruh di atas tempat tidur. Profesi penghuni apartemen ini bervariasi mulai dari pekerja ritel hingga salesman bahan konstruksi. (Okezone-NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s