Middle Class Jadi Pasar Empuk Pengembang Apartemen

Permintaan apartemen di Jakarta terus meningkat. Penjualan apartemen di Jakarta laku hingga 95,72% dengan pangsa pasar yang didominasi oleh kelas menengah.

Data perkembangan properti komersial triwulan III-2012 yang dirilis Bank Indonesia menunjukkan kelas menengah tidak terpengaruh dengan aturan Loan to Deposit Value (LTV) yang diterapkan BI. Kenaikan uang muka untuk beli apartemen masih bisa dipenuhi kelas menengah.

“LTV tidak mempengaruhi minat konsumen untuk membeli apartemen, konsumen kelas menengah menikmati fasilitas cicilan pembayaran hingga 5 tahun serta menikmati diskon 25-30% jika membeli tunai,” kata BI seperti dikutip Selasa (13/11/2012).

Rendahnya tingkat suku bunga bank juga menjadi faktor utama yang mendorong penjualan apartemen jual atau kondominium.

Pasokan apartemen di triwulan III-2012 untuk wilayah Jakarta juga meningkat dengan selesainya pembangunan Tamansari Semanggi sebanyak 400 unit dan Grand Emerald Apartment sebanyak 600 unit.

Dengan selesainya 2 apartemen baru itu, maka pasokan suplai pada triwulan III-2012 meningkat 1,2% menjadi 83.683 unit. Distribusi apartemen itu berada di Jakarta Selatan (27%), CBD 20%, serta yang terkecil di Jakarta Timur 4%.

Harga apartemen jual (kondominium) pada triwulan III-2012 rata-rata Rp 17,1 juta/m2 yang naik 6,2% dibanding triwulan sebelumnya atau naik 39,65% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan harga apartemen itu disebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan gaya hidup warga, penyelesaian beberapa proyek infrastruktur seperti jalan tol, serta pesatnya permintaan dan keterbatasan lahan. (Liputan6-IGW)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s