Menanti Keberanian Jokowi Tentukan RTH DKI Jakarta

Ketersediaan tanah di Jakarta semakin minim lantaran tanah-tanah tersebut beralih fungsi menjadi tempat untuk kegiatan ekonomi ketimbang sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang sangat dibutuhkan warga Jakarta.

Beberpa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi sempat mengatakan akan membeli lahan sebanyak-banyaknya untuk memenuhi RTH di Jakarta sebesar 30 persen.

“Itu hal yang bagus. Inventarisasi dengan tanah yang ada,” kata Yayat lagi.

Menurut dia, sekarang adalah bagaimana membuat lembaga-lembaga seperti Pemerintah daerah serta BUMN lebih banyak terlibat. sebab, tanah yang akan dibeli tersebut rencananya memang berasal dari tanah milik pemda dan BUMN.

“Ini harus segera ditindak lanjuti. Dan kalau memang akan menggandeng swasta, insentifnya apa,” lanjut dia.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, berdasarkan data Bappeda DKI Jakarta tahun 2011, jumlah RTH yang dimiliki Kota Jakarta saat ini hanya 9,8 persen dari keseluruhan luas wilayah.

“Dari tahun 2000 Jakarta punya RTH sekira sembilan persen, hingga 2012 ini menjadi 9,8 persen. Jadi, bisa dibilang dalam kurun waktu lebih dari satu dekade penambahan RTH di Jakarta tidak sampai satu persen,” kata kata Pakar Tata Kota Nirwono Joga.

Menurutnya, ketersediaan lahan yang terbatas di Jakarta menjadi kendala utama dalam peningkatan RTH di wilayah ibu kota. Untuk itu, sangat diperlukan peran dan kerja sama yang dari para pimpinan politik. (Yuni Astutik – Okezone-nia) (rhs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s