Bagaimana Agar KPR Disetujui Bank

Banyak syarat yang harus dipenuhi saat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Ada beberapa bank yang memberlakukan peraturan yang ketat lantaran hal tersebut terkait dengan Non Performing Loan (NPL) atau kredit macet.

Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengajukan KPR seperti dikutip dalam buku “Sukses Membeli Rumah” yang ditulis oleh Bob Sudiono.

1. Tampil Percaya Diri
Sopanlah dalam menjawab atau mengajukan pertanyaan kepada pihak perbankan. Tampil rileks dan percaya diri. Kesan yang bagus akan membuat pihak bank lebih respek. Ingat, jawablah pertanyaan dengan mantap. Adapun pertanyaan yang biasa diajukan adalah apakah Anda sudah punya tagihan lainnya, berapa banyak dana yang diinginkan. Kadang, bank juga bertanya seputar berapa kendaraan bermotor yang Anda miliki serta berapa jumlah kartu kredit yang dimiliki.

2. Memperindah Penampilan Keuangan
Adakalanya, pemohon KPR tanpa disadari melakukan keteledoran dalam catatan keuangannya. Misalnya, terlambat membayar tagihan kartu kredit (jika ada). Hal tersebut menjadi perhatian pihak bank karena berhubungan dengan kredit yang akan diajukan pemohon.

Imbasnya, jika hal tersebut (telat membayar kartu kredit) tanpa sengaja kita lakukan maka kemampuan bayar akan berkurang. Sebab Anda tidak dapat berbohong dengan reputasi kredit di bank. Bank Indonesia (BI) akan mencatat setiap tunggakan bermasalah sekecil apapun di bank.

3. Mengetahui Kemampuan Bayar
Dengan mengetahui kemampuan kredit, Anda akan lebih fokus untuk memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan.

4. Lengkapi Dokumen
Bagi Karyawan, tidak banyak dokumen yang mesti disiapkan . Namun bagi pengusaha, ada hal yang harus disiapkan lebih lengkap, misalnya catatan rekening koran tiga bulan terakhir. Sementara bagi profesional atau praktisi seperti dokter dan psikolog, mesti melampirkan surat izin praktik.

5. Mengajukan KPR ke Beberapa Bank Sekaligus
Keuntungan melakukan strategi ini adalah tidak perlu memulai waktu dari awal, Anda dapat mengetahui hasil penilaian rumah tersebut. Karena setiap rumah akan memberikan hasil penilaian yang berbeda. Ketiga, Anda bisa melakukan negosiasi dengan bank lainnya yang memberikan penilaian tidak terlalu tinggi. Namun, bank tersebut memberikan kelebihan lain misal plafon yang lebih besar. (Yuni Astutik – Okezone-nia)(rhs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s