Pembangunan Properti Superblok di Jakarta Tak Efektif

Jakarta – Konsep superblok atau konsep zona terkontrol di suatu kawasan sejatinya menjadi salah satu upaya mengurangi kepadatan kota termasuk Jakarta. Namun, pemerintah provinsi DKI Jakarta menilai konsep ini belum diterapkan secara baik dan efektif.

“Superblok itu nggak jalan di Jakarta. kita membangun kawasan yang utuh, disitu ada kegiatan komersil-nya, perkantoran-nya, ada yang tinggal disitu agar tidak ada pergerakan. Ini tidak jalan,” kata Kepala Bidang Tata Ruang Perencanaan Ruang Kota Dinas Tata Ruang Pemprov DKI Jakarta, Izhar Chaidir kepada detikFinance di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Rabu (7/11/12).

Kenyataan yang terjadi sekarang ini justru berbanding terbalik. Masyarakat tinggal di tempat lain yang lebih jauh, dan bekerja di tempat yang berbeda, sehingga mobilitas di jalan tetap saja mengalami kepadatan.

“Mereka kerja di tempat lain, tapi mereka tinggal disitu, atau sebaliknya. Itu yang jadinya kemudian penuh pergerakan,” tambahnya.

Ia mengakui pemprov DKI Jakarta harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Dalam hal ini, adalah dengan melakukan pembatasan kendaraan bermotor di jalan raya.

“Yang penting juga peran pemerintah pusat juga untuk mengurangi kendaraan pribadi itu penting. Kalau kebijakan pengurangan pembatasan kendaraan roda 2 aja, itu dibatasin, di kita kan nggak ada. Karena itu berkaitan dengan hak asasi dengan alasan yang lain jadi agak sulit,” cetusnya.

Pemerintah DKI Jakarta mengaku memikul beban yang cukup berat dalam mengatasi kepadatan dan mobilitas penduduk di ibukota.

“Pemerintah DKI bebannya berat sekali karena banyak orang orang lebih banyak mencari pekerjaan di DKI ketimbang di kota kota lain. Dan siapapun lebih senang. Itu yang membuat orang berbondong-bodong ke DKI tanpa keterampilan itu yang membuat kita agak berat,” katanya.(Zulfi Suhendra – detikFinance)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s