Ground Breaking Tol Cisumdawu

Direktorat Jendral Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum akan melaksanakan peletakan batu pertama atau  groundbreaking tol ruas Cileunyi—Sumedang—Dawuan atau (Cisumdawu), menyusul telah ditandatanganinya pinjaman luarnegeri untuk konstruksi proyek tersebut.

Dirjen Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto mengatakan saat ini Kementerian PU tengah menyiapkan syarat-syarat administrasi untuk penerbitan surat perintah mulai kerja (SPMK), proyek senilai Rp5 triliun tersebut.

“Pinjaman ini, untuk pembangunan tol seksi satu. SPMK akan diterbitkan pekan besok, dilanjutkan langsung dengan peletakan batu pertama, untuk memulai konstruksi,” ujar Djoko hari ini, Jum’at (16/11/2012).

Djoko mengatakan untuk pembangunan konstruksi proyek, akan digarap oleh kontraktor joint operation antara Shanghai Corporation Construction Group join operation PT Waskita Karya dan PT Wijaya Karya, yang telah diteken awal Desember 2011

Untuk pembangunan konstruksi seksi dua, katanya, masih menunggu pencairan loan berikutnya. Diharapkannya, penandatanganan tahap selanjutnya bisa dilaksanakan pada tahun depan.

Terkait pembebasan tanah, lanjutnya, sampai saat ini sudah lebih dari 55%, dan ditargetkan prosesnya bisa rampung tahun depan, atau paling lambat tahun 2014 mendatang.

Kepala Biro Perencanaan dan Pinjaman Luarnegeri Kementerian PU Taufik Widjoyono mengatakan kesepakatan pinjaman luar negeri untuk proyek Cisumdawu itu, telah diteken sejak 12 November 2012 lalu. Adapun nilai pinjamannya mencapai US$92,99 juta untuk seksi pertama, dari pemerintah China.  (Bisnis-Sut)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s