3 Tower Pemukiman di Kawasan Kuburan Karet Jakarta

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menggandeng PT PLN (Persero) melalui perjanjian kerjasama untuk program pembangunan rumah susun (rusun) umum milik atau apartemen sederhana di 4 kota.

Apartemen itu akan dibangun di Jakarta, Semarang, Bandung dan Surabaya. Lahannya akan menggunakan aset PLN yang selama ini belum dimanfaatkan. Salah satu apartemen itu adalah 3 tower apartemen 24 lantai di kawasan Karet, Jakarta.

“Kami akan terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak seperti BUMN maupun Kementerian lain guna memanfaatkan tanah-tanah yang mereka miliki untuk dibangun menjadi Rusun. Kali ini PT PLN telah bersedia menyediakan tanahnya untuk pembangunan Rusun baik untuk karyawannya serta masyarakat umum,” ujar Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz dalam keterangannya, Kamis (8/11/2012)

Kerjasama antara Kemenpera dan PLN tersebut meliputi pemanfaatan tanah milik PLN untuk pembangunan Rusun Umum Milik bagi karyawan PLN dan masyarakat umum di kawasan perkotaan.

Apartemen sederhana ini untuk para karyawan serta masyarakat umum khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang belum memiliki rumah. Sedangkan untuk pembiayaan konstruksinya akan dibantu oleh bank. PLN dalam kerjasama ini akan menyediakan tanahnya yang berada di daerah Karet, Jakarta seluas 5.000 meter persegi.

“Rencananya akan dibangun sebanyak tiga tower di atas lahan PLN di daerah Karet. Setiap tower setidaknya ada 24 lantai dan masing-masing lantai berisi sekitar 10 unit. Luas bangunannya adalah 36 meter persegi,” terangnya.

Menurut Djan akan membantu PLN dalam program pembiayaan perumahan, perizinan, pemberian insentif seperti pembebasan IMB. Para karyawan serta masyarakat umum nantinya juga bisa mengangsur Rusun tersebut melalui program KPR FLPP yang dilaksanakan oleh Kemenpera bersama sejumlah bank penyalur dana FLPP.

“Kami berharap langkah yang diambil PLN dalam peyediaan rumah di kawasan perkotaan melalui pembangunan Rusun ini akan diikuti oleh BUMN lainnya. Kami juga berharap dukungan dari Gubernur DKI, khususnya dalam hal perizinan agar program Rusun ini bisa dilaksanakan dengan baik,” kata Djan.

Dirut PLN Nur Pamudji menjelaskan lokasi lahan tersebut berada di sekitar pemakaman Karet tersebut merupakan tempat dimana dirinya dilantik menjadi Dirut PLN oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan beberapa waktu lalu. Saat ini lahan tersebut hanyalah lahan kosong dan hanya ditumbuhi rerumputan dan tanaman liar serta dipagari saja.

Karyawan yang akan menempati Rusun tersebut nantinya difokuskan untuk para karyawan baru PT PLN yang kebanyakan belum memiliki rumah ataupun mereka yang saat ini tinggal jauh dari tempat kerjanya. Apabila mereka dapat tinggal di Rusun tersebut diharapkan bisa mengurangi mobilitas kerja para karyawan sehingga kinerjanya dapat lebih ditingkatkan.

“Lahan milik PLN yang berada di daerah Karet, Jakarta tersebut telah dipersiapkan untuk menjadi Rusun sejak lima tahun lalu dan akan menjadi proyek percontohan untuk daerah-daerah lainnya. Selain itu kami juga telah menyediakan lahan milik PLN di tiga kota besar lainnya yakni Semarang, Bandung dan Surabaya yang akan dibangun untuk Rusun,” terangnya.(Suhendra – detikFinance)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s