PHRI Yogyakarta Batasi Pembangunan Hotel Baru

 

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia mendesak kepada Pemerintah Kabupaten-Kota Daerah Istimewa Yogyakarta untuk membatasi pemberian izin pendirian hotel baru di wilayahnya masing-masing.

Hal ini mendesak dilakukan agar terjaga persaingan yang sehat antara satu hotel dengan hotel yang lain, sehingga tercipta iklim persaingan usaha yang sehat.

“Seharusnya pemerintah tidak berambisi dengan peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dengan munculnya hotel-hotel baru tanpa adanya perbaikan infrastruktur,” kata Sekretaris PHRI, Deddy Pranowo Eryono kepada VIVAnews, Rabu 7 November 2012

Saat ini, sudah ada 25 hotel baru yang masih dalam taraf pembangunan di kota Gudeg tersebut. Untuk itu, setelah semua hotel itu selesai dibangun dan dioperasikan, pemerintah daerah harus mengevaluasi apakah perlu dikeluarkan izin baru pendirian hotel atau tidak. “Selesaikan dahulu pendirian hotel yang izinnya sudah terlanjur ke luar,” kata dia.

Pemberian izin pendirian hotel baru di Yogyakarta ini tanpa diimbangi dengan perbaikan infrastruktur dikhawatirkan akan menjadi bumerang tersendiri misalnya kemacetan yang semakin parah di kota pelajar tersebut.

“Saya kira dengan akan hadirnya hotel  baru yang masih dalam taraf pembangunan sekitar 5.000 kamar, jika dijumlah dengan hotel lama menjadi 11 ribu kamar,” tuturnya.

Selain itu, akses masuk ke Yogyakarta baik dari bandara, stasiun, terminal, dan kantong-kantong parkir belum bisa mengimbangi jumlah kamar hotel.

“Sampai akhir 2012 ini akan ada penambahan sebanyak enam hotel baru. Beberapa di antaranya sudah beroperasi. Belum hotel-hotel yang siap beroperasi maupun yang akan dibangun tentu bakal menjadi ramai,” tegasnya. (umi-VIVANews)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s