Pertumbuhan Pasar Apartamen di Makasar Kurang Peminat

Pelaku pasar property di Makassar dan Indonesia Timur masih  kurang berminat untuk berinvestasi pembelian apartemen karena dinilai kurang menarik, menyusul membaiknya harga tanah dan rumah sepanjang tahun ini.

Sejumlah pelaku investasi property di Makassar mengatakan bahwa investasi apartemen dalam 5-10 tahun mendatang belum  menarik karena  membeli tanah dan rumah jauh lebih menguntungkan dengan presentase kenaikan rata-rata 20% pertahun.

“Kami sepertinya kurang berminat jika apartemen menjadi salah satu  tawaran investasi di sektor property untuk Makassar saat ini,’ kata Frans D, salah seorang investor property kepada Bisnis, Sabtu (29/9).

Dia mengatakan pembelian apartemen sebagai alternatif  investasi di Indonesia hanya ada di dua kota yakni  Jakarta dan Surabaya. Dari dua kota tersebut baru Jakarta yang dinilai memiliki angka kenaikan yang signifikan yakni rata-rata 10-15 persen pertahun.

“Untuk pasar Jawa Timur,  kami pernah bertanya ke sejumlah pengembang di Surabaya. Menurut mereka  pembelian Apartemen cenderung hanya naik rata-rata 5% pertahun, jauh lebih rendah dibandingkan dengan suku bunga pasar yang berlaku saat ini,’ papar Frans.

Investor property di Makassar cenderung melihat bisnis pembelian tanah dan bangun masih jauh lebih menarik . Harga tanah di kawasan  Tanjung Bunga Makassar misalnya setiap tahun naik rata-rata 15-20 %. Saat ini harga tanah di kawasan Tanjung Bunga umumnya sudah mencapai Rp10 juta per meter.

Erny, salah seorang sales marketing di perusahaan property di kawasan Tanjung Bunga mengatakan bahwa dalam tiga tahun terakhir harga tanah dan bangun di kawasan pengembangan wisata dan bisnis ini meningkat sangat tinggi.

“Posisi tahun 2005 harga tanah di kawasan Tanjung Bunga berkisar Rp5 juta per meter untuk lokasi yang prime, namun saat ini sudah berkisar Rp15 juta permeter. Sejak pembangunan Trans Studio trend pembelian property dan tanah di Tanjung Bunga meningkat drastis,” ujarnya. (mnk-Bisnis-KTI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s