Adhi Karya Bangun Hotel Megah di Bekasi

PT Adhi Karya Tbk melalui anak usahanya tampaknya semakin membesarkan ekspansinya di dunia perhotelan. Upaya itu untuk mengimbangi pendapatan perseroan dari bisnis konstruksi.

Sekretaris Perusahaan Adhi Karya, Amrozi Hamidi, mengatakan, ke depan perseroan akan memperbanyak pembangunan hotel untuk mempertahankan pendapatan berkelanjutan atau recurring income, agar memperoleh penghasilan yang stabil.

Amrozi menuturkan, nantinya pada 2016, pendapatan darirecurring income anak perusahaan bisa mencapai 20 persen dari total pemasukan yang diraih Adhi secara keseluruhan.

“Nanti, kami berharap kontribusi EPC (engineering,procurement and construction) 80 persen. Walau saat ini mencapai 97 persen,” kata Amrozi kepada VIVAnews, Jumat 3 Agustus 2012.

Berikut adalah hotel-hotel yang akan dibangun Adhi Karya:

1. Grandhika Hotel Blok M
Hotel Grandhika nantinya akan dibangun di daerah Blok M, menggantikan kantor empat anak perusahaan Adhi yang ada di daerah tersebut. “Anak-anak perusahaan kami nanti akan pindah ke Pasar Minggu,” ujarnya.

Hotel ini direncanakan dibuat berstandar hotel bintang 4, dengan 16 lantai, dan 272 kamar. Menurut Amrozi, pihaknya akan segera membangun hotel itu setelah pembangunan kantor baru di Pasar Minggu rampung. “Mungkin, sekitar Oktober tahun ini kami mulai,” ujarnya.

Dana pembangunan hotel sekitar Rp20-40 miliar. Pendanaan itu diperoleh dari hasil penerbitan obligasi dan sisanya menggunakan kredit investasi. Total keseluruhan dana yang akan diinvestasikan dalam proyek ini mencapai Rp120 miliar.

Hotel Grandhika ini ditargetkan dapat selesai pada akhir 2013. “Nanti, akan kami resmikan dan beroperasi pada 11 Maret 2014, bertepatan dengan ulang tahun Adhi Karya,” ujar Amrozi.

Hotel ini akan dibangun di tanah seluas 2.740 meter persegi dan semua lahannya saat ini telah menjadi milik Adhi, sehingga pembangunan akan berjalan secepatnya.

2. Taman Dhika Cibubur dan Taman Dhika Cinere
Dua buah hotel ini akan dibangun Adhi Karya di wilayah Cibubur dan Cinere. Kedua hotel ini digambarkan akan menggunakan lahan seluas 20 hektare, untuk Taman Dhika Cibubur dan 21 hektare bagi Taman Dhika Cinere.

Untuk pembangunan tahap pertama Taman Dhika Cibubur, menurut Amrozi, perseroan menganggarkan dana sekitar Rp60 miliar. “Kami berharap, pada 2013 sudah mulai kelihatan tiang pancang dan pembangunannya,” ujarnya.

Sementara itu, Taman Dhika Cinere, dia menuturkan, pihaknya masih dalam tahap melakukan pengukuran. Namun, dicanangkan tahun ini semuanya sudah bisa diselesaikan.

3. Hotel di Bekasi Timur, Jawa Barat

Proyek properti yang akan dibangun bersama dengan apartemen dan pusat perbelanjaan ini dibangun di atas lahan seluas 11 hektare. “Untuk tahap awal, proyek ini berbiaya sekitar Rp200 miliar. Sekitar Rp90 miliar berasal dari hasil penerbitan obligasi,” tutur Amrozi.

4. Hotel Budget di Semarang, Kalimantan Timur, dan Medan
Untuk rencana pembangunan hotel budget ini, menurut Amrozi, pihaknya masih melakukan studi kelayakan dan pembelian tanah.

Kemungkinan, dia melanjutkan, pembangunannya dimulai pada tahun depan. Saat ini, perseroan masih enggan untuk memberitahukan lokasinya, karena khawatir terjadi pergolakan harga. “Nanti, kalau kami beritahu lokasinya, harga tanah di sana naik,” jelas Amrozi.

Selain Semarang dan Medan, Adhi pada 2013 akan membangun hotel budget di Kalimantan Timur. “Kemajuannya sekarang masih sama dengan yang lain, yaitu masih dalam pencarian lahan untuk pembangunan hotel tersebut,” ujarnya. (art-vivanews)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s