Hemat Energi di Rumah Anda

Energi memegang peranan yang sangat penting untuk berbagai hal termasuk dalam kehidupan rumah tangga. Sayangnya, banyak orang yang menyalahgunakan penggunaan energi untuk kepentingan pribadinya. Sumber energi memang bisa diperbaharui, hanya saja tingkat rehabilitasi dengan penggunaannya tidaklah seimbang.

“Hal ini berakibat pada habisnya sumber energi di alam, dan menyebabkan perubahan iklim drastis seperti sekarang ini,” ungkap Kunto Binawan, Innovative Financing Specialist PT Star Cosmos dalam talkshow “Cara Cerdas Hemat Energi” di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Banyak orang yang belum menyadari pentingnya menghemat energi. Padahal ada banyak keuntungan yang diperoleh jika Anda bisa menghemat energi yang digunakan. Menurut Kunto, sampai saat ini sumber energi per kapita Indonesia dibanding negara lain di Asia masih terbilang rendah, namun pemakaian energinya dinilai terus meningkat dan menyebabkan defisit energi.

“Bahkan, tahun lalu pemerintah sudah memberi subsidi sekitar Rp 200 trilyun. Anggarannya terus naik setiap bulan, padahal belum semua wilayah bisa terjangkau listrik,” tukasnya.

Tak hanya itu, dampak negatif dari pemborosan energi ini akan menimbun banyak emisi karbon di udara. Emisi karbon yang dihasilkan dari fosil ini akan menumpuk di udara, dan tidak bisa keluar dari atmosfer. Akibatnya lapisan ozon akan semakin menipis karena reaksi karbon dan menyebabkan pemanasan global seperti sekarang ini.

Untuk menghindari dan mengurangi efek negatif pemborosan energi, Kunto menyarankan untuk memulai gerakan hemat energi dari rumah tangga. “Gerakan hemat energi ini bisa dilakukan dalam dua bagian, yaitu efisien dan tepat guna,” tambahnya.

1. Efisien
Hemat energi bisa dilakukan dengan mencoba menggunakan energi seminimal mungkin. Dengan memanfaatkan energi seminimal mungkin, usahakan untuk menghasilkan output yang maksimal. Dalam rumah tangga, Anda bisa saja melakukan gerakan ini dengan menggunakan peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, penanak nasi, lampu, setrika, dan lain-lain, yang memiliki tegangan listik yang lebih rendah dan lebih hemat energi.

“Penggunaan alat rumah tangga berstiker ‘hemat energi’ akan membantu menurunkan penggunaan listrik rumah tangga. Namun penggunaan alat hemat energi ini tidak akan merusak peralatan rumah tangga, dan hasilnya tetap maksimal,” paparnya. Selain itu, penggunaan berbagai alat rumah tangga yang hemat energi ini juga akan membantu menurunkan anggaran rumah tangga setiap bulannya.

2. Tepat guna
Sering menonton televisi sampai tertidur pulas dan membiarkannya menyala sepanjang malam, atau lupa mematikan lampu kamar mandi? Ini termasuk salah satu pemborosan energi yang sering dilakukan di rumah. Untuk menghemat energi, pastikan untuk menggunakan energi secukupnya sesuai kebutuhan Anda. Hal ini memang sepele namun sering dilupakan banyak orang.

Mulailah untuk mematikan berbagai peralatan listrik ketika sudah tak digunakan. Jika tak bisa tidur tanpa mendengar suara televisi, aktifkan saja sleep timer di televisi Anda. Matikan pendingin udara ketika Anda meninggalkan ruangan dalam jangka waktu yang lama, atau jika cuaca tak terlalu panas gunakan saja kipas angin.

Sumber:Dini-Kompas

One response to “Hemat Energi di Rumah Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s