Multiniaga Group Bangun Kondominium Hotel di Makasar

PT Multi Sao Asri (MSA) resmi akan membangun Kondominium Hotel (Kondotel) milik Multi Niaga Group (MNG), melalui dana pinjaman dari PT Bank Artha Graha Internaisonal Tbk sebesar Rp70 miliar, atau sekitar 70% dari total dana untuk pembangunan Kondotel tersebut.

Direktur Utama PT MSA Mubyl Handaling mengatakan, pekan lalu pihaknya sudah melakukan penandatangan kerja sama dengan pihak Artha Graha, dan saat ini tinggal menunggu proses pencairan.

“Pihak Arta Graha bersedia mendanai 70% pembangunan, selebihnya akan menggunakan dana internal perusahaan serta pihak investor,” kata Mubyl di sela-sela penandatanganan pembangunan proyek Kondotel Multi Niaga Junction (MNJ) dengan PT Hutama Karya selaku main contractor, Selasa (18/9).

Menurutnya, selain menggunakan dana internal perusahaan, kekurangan 30% sisa pendanaan juga akan diusahakan melalui investor yang tertarik menanamkan modalnya di proyek tersebut. Sejak beberapa bulan sebelumnya, pihaknya sudah menjual paket kepada masyarakat umum yang ingin memiliki kamar di Kondotel MNJ.

Kondotel yang akan dibangun katanya, berbeda dengan apartemen, dimana kamar-kamar yang tersedia dijual kepada perusahaan atau perseorangan, namun pengelolaannya dilakukan oleh operator hotel, sehingga investor yang menanamkan modalnya akan mendapatkan bagi hasil dari setiap penjualan kamar.

Hingga kini, pihak MSA masih mencari operator hotel yang ingin bekerja sama. Ada beberapa perusahaan menurutnya, yang telah dipertimbangkan. Tetapi pihaknya masih mencari operator yang terbaik, agar bagi hasil dengan investor bisa lebih besar, dan menguntungkan dalam tiga tahun kedepan.

Mubyl menambahkan, dalam berinvestasi dibidang properti khususnya kondotel, pihaknya tidak ingin main-main. Ini dibuktikan dengan menggandeng PT Hutama Karya selaku main contractor pembangunan tersebut. Dimana sebelumnya ada tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain, yang juga mengincar proyek tersebut yaitu, PT Pembangunan Perumahan (PP), PT Adhi Karya, dan PT Waskita Karya. Tetapi akhirnya PT Hutama Karya keluar sebagi main contractor, untuk proyek senilai Rp100 miliar tersebut.

General Manager Wilayah V PT Hutama Karya Sigit Winarto mengungkapkan, proyek kondotel itu akan berusaha diselesaikan pihaknya dalam waktu 10 bulan kedepan. “Dari 11 lantai dan 130 kamar yang rencana akan dibangun, kami berupaya untuk menyelesaikannya dalam kurun waktu 10 bulan,” ujarnya.

Dia mengatakan, proses pembangunan kondotel tersebut tidaklah mudah, tapi akan diusahakan pembangunannya selesai tepat waktu.

Menempati lahan seluas 9.600 meter persegi, dan terletak di lokasi yang cukup strategis yaitu di Jl Aroepala, terusan Jl Hertasning Baru Makassar, Kondotel MNJ itu akan dibangun setara hotel berbintang tiga dengan berbagai fasilitas penunjang seperti convention hall, kolam renang, meeting room, sport center, fasilitas hiburan, business center, hingga ruang perkantoran juga akan tersedia. (K46-Bisnis-kti)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s